Perawatan Pada Kasus Maloklusi Openbite (gigitan terbuka)

October 21, 2020 by admin0

kasus open bite
Perawatan untuk kasus gigitan terbuka tergantung pada penyebab dan tahap perkembangan gigi geligi. Gigitan terbuka yang disebabkan oleh adanya kebiasaan buruk, maka perlu dilakukan terapi untuk mengeliminasi etiologi tersebut sebelum dilakukan perawatan ortodonti. Gigitan gigi yang terbuka dapat diperbaiki dengan perawatan ortodontik atau bahkan memerlukan kombinasi dengan perawatan bedah, tergantung pada penyebabnya. Gigitan terbuka pada gigi sulung biasanya berkaitan dengan kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari seperti menghisap jari/dot serta menjulurkan lidah. Untuk kasus seperti ini, dokter gigi memerlukan alat intervensi tambahan yang berfungsi untuk menahan atau mencegah anak agar tidak menghisap ibu jari/dot dan menjulurkan lidah. Contohnya yaitu menggunakan alat palatal crib.

kasus openbite parah

Jika terdapat kelainan nasofaring yang menyebabkan pasien bernapas melalui mulut, dilakukan perawatan dengan merujuk ke dokter spesialis THT. Pengendalian faktor-faktor tersebut harus diberikan sebelum memperbaiki kondisi open bite.

 

Terapi myofunctional dan ortopedi

Gigitan terbuka dapat dicegah dengan modulasi pertumbuhan. Pada kasus open bite dengan maloklusi kelas III dimana pertumbuhan rahang bawah (mandibula) maju ke depan atau prognasi dan rahang atas (maksila) mundur atau retrognasi, dapat dilakukan dengan bantuan chin cup dengan headgear. Hal ini bertujuan untuk menahan atau mengarahkan kembali pertumbuhan mandibula yang salah dan mengembalikan posisi mandibula ke posterior (belakang). Alat ini dapat menghambat pertumbuhan mandibula ke depan dan ke bawah. Maloklusi kelas III dengan open bite anterior dapat dirawat dengan menggunakan peralatan fungsional atau aktivator yang dimodifikasi, yakni menggabungkan bite block dan chin cup.

Pasien KH Mohammed, laki-laki usia 8 tahun 7 bulan, perawatan dengan menggunakan alat ortodontik lepasan dengan posterior bite block dan palatal crib dan chin cup.

 

Terapi Ortodontik

Gigitan gigi terbuka ringan hingga sedang dapat berhasil ditangani dengan menggunakan ortodontik cekat dengan bantuan karet elastik. Namun untuk kasus yang parah atau berat, karet elastik tidak memberikan hasil yang begitu signifikan, dibutuhkan kekooperatifan pasien juga untuk pemakain karet elastik.

hasil perawatan ortodontik openbite dengan karet elastik
(Hasil perawatan orthodontik open bite dengan aksesoris karet elastik)

 

(Hasil perawatan orthodontik open bite, sumber: American Journal of Orthodontic, Volume 154, Issues 5)

Perawatan gigitan terbuka secara dini dengan melihat perkembangan, mengeliminasi faktor etiologi, pemilihan metode yang tepat pada pasien dewasa, dan kepatuhan pasien selama perawatan akan menunjang keberhasilan perawatan.Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perawatan apa yang dibutuhkan, sebaiknya lakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan dokter gigi spesialis ortodonti/orthodontist.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Lokasi

Cabang Jakarta
Jl. Bulevard Raya RA19 no. 10 Kelapa Gading, Jakarta Utara

Cabang Tangerang
Ruko 1B, Jl Kelapa Gading Selatan, Blok BH10/20, Tangerang

Cabang Bekasi
Jl. Bulevard Hijau Blok B1 no 31, Harapan Indah- Bekasi Barat

Designed and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved