Apa yang Membuat Seluruh Gigi Anak Saya Kehitaman?

February 17, 2024 by 0
untitled1.jpg

Moms dan Dads mungkin pernah menjumpai gigi anak atau saudara yang berwarna kehitaman? Ya, itu adalah gigi berlubang/ karies. Karies atau gigi berlubang merupakan kasus yang paling banyak ditemukan di dunia. Salah satu tanda adanya proses gigi berlubang adalah adanya warna coklat sampai kehitaman. Pada anak-anak terkadang warna coklat – kehitaman ini ditemukan secara menyeluruh yang disebut juga dengan istilah karies rampan. Karies rampan adalah salah satu masalah yang mengenai banyak gigi (lebih dari 10 gigi) dan proses nya berlangsung dengan cepat yang sering ditemukan pada anak usia balita. Karies ini sering ditemukan pada anak usia dibawah 5 tahun. Pada karies rampan ditemukan adanya aktifitas bakteri karies (Streptococcus mutans) yang tinggi. Oleh karena itu bila tidak segera ditanggulangi, karies ini akan terus meningkat dan merambat sampai ke seluruh gigi seiring dengan meningkatnya usia anak. 

Bagaimana karies rampan dapat terjadi?

Karies rampan merupakan penyakit multifaktorial yang terjadi karena adanya ketidakseimbangan mineralisasi dalam waktu lama di dalam rongga mulut yang diakibatkan oleh suasana asam yang tinggi dalam mulut.

Mengapa karies rampan banyak ditemukan pada anak-anak?

Karies rampan dapat dijumpai pada gigi tetap orang dewasa, namun lebih banyak dijumpai pada anak-anak karena gigi susu pada anak-anak mempunyai struktur email gigi yang lebih tipis dibandingkan gigi tetap. Hal ini menyebabkan proses kerusakan pada gigi sulung lebih cepat dan lebih parah dibandingkan gigi tetap. 

Apa saja faktor penyebab karies rampan?

Faktor penyebab lain selain karena adanya aktifitas bakteri karies yang tinggi, yaitu :

  1. Kebersihan gigi dan mulut yang buruk
  2. Sering mengonsumsi makanan dan minuman manis
  3. Kebiasaan mengisap susu botol terutama menjelang tidur malam
  4. Mulut kering

Adapula faktor lainnya seperti usia, predisposisi genetik hingga status sosioekonomi yang mempengaruhi sikap dan pengetahuan orang tua dan anak dapat meningkatkan faktor risiko terjadinya karies rampan.

Bagaimana cara pencegahan dan perawatannya apabila sudah terjadi karies rampan?

Pencegahan harus dilakukan secepatnya ketika gigi susu anak telah erupsi. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Perawatan kebersihan mulut sejak dini dengan menyikat gigi secara teratur dan benar. Setelah makan, bersihkan gusi anak dengan kain atau lap bersih serta sikat gigi anak, mulai flossing saat semua gigi anak telah erupsi, biasanya pada usia 2-2,5 tahun.
  2. Jangan membiarkan anak tertidur saat minum melalui botol yang berisi susu formula atau minuman yang manis
  3. Perhatikan makanan dan minuman anak. Orang tua harus memperhatikan frekuensi pemberian dan kuantitas makanan dan minuman manis. Dianjurkan untuk mengurangi frekuensi gula terutama diantara jam makan.
  4. Penggunaan flour yang dapat diperoleh secara lokal ataupun sistemik yang dapat dikonsultasikan ke dokter gigi
  5. Mulai berkunjung ke dokter gigi untuk pemeriksaan rutin

Jika karies rampan sudah terjadi, hal yang dapat dilakukan adalah pertama menghilangkan rasa sakit dengan pemberian obat oleh dokter gigi. Selanjutnya, dapat dilakukan perawatan saluran akar, penambalan, pencabutan hingga pembuatan space maintainer (piranti untuk menjaga ruang akibat pencabutan dini gigi sulung) setelah berkonsultasi dengan dokter gigi. Yuk, segera konsultasikan gigi anak anda di Tooth Signature


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Lokasi

Cabang Jakarta
jl Bulevard Raya blok RA 27 no. 28, RT.11/RW.15, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Designed and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved