Pahami Manfaat Pemeriksaan Gigi Secara Berkala

June 16, 2024 by 0
inspection-teeth-woman-with-help-mirror-1200x800.jpg

Kapan nih kamu terakhir kali ke dokter gigi? Dua tahun lalu atau bahkan pada waktu masih sekolah karena program pemeriksaan dari pihak institusi?

Dokter TS sadar kok ada beberapa hal yang menjadi keraguan dari TSFriends terkait pemeriksaan gigi secara berkala. Tapi, TSFriends juga perlu paham tentang manfaat pemeriksaan gigi yang berguna buat kamu.

So, Dokter TS mau jawab lebih respons dulu, alasan-alasan orang tidak melakukan pemeriksaan gigi!

 

“Takut dok, masih pandemi, takut kena Covid-19.”

Dokter TS juga awalnya takut kok kalau kena Covid-19. Maka setiap dokter dan juga admin dari Tooth Signature sudah melakukan vaksinasi hingga booster dan juga selalu menerapkan protokol kesehatan. Kami tentunya mengutamakan kesehatan TSFriends dengan rutin melakukan desinfeksi ruangan serta peralatan serta mengupayakan dokter dan admin yang bertugas dalam kondisi yang sehat.

Jika TSFriends sudah melakukan vaksinasi dan sedang tidak bergejala Covid-19, maka kita perlu mengesampingkan kekuatiran tersebut dan berfokus pada kesehatan gigimu.

 

“Tar kalau kena diagnosa buruk, malah bikin overthinking dok.”

Hal ini juga kerap menjadi penolakan juga terhadap pemeriksaan kesehatan yang lainnya, termasuk kesehatan secara umum. Sebagai tenaga medis, Dokter TS tentu juga berharap setiap kita dalam kondisi sehat, bukan sakit. Untuk mengetahui kondisi kesehatan gigimu, maka diperlukan pemeriksaan secara berkala sebagai langkah preventif/pencegahan dari kondisi keterparahan.

Ibaratkan saat berkendara dengan mobil, selain mematuhi aturan rambu lalu lintas, kita tetap perlu menggunakan sabuk pengaman. Tentu lebih nyaman bergerak tanpa adanya sabuk pengaman, tetapi kita akan lebih aman jika terjadi sesuatu yang tidak kita ketahui. Hal ini juga yang mendasari perlunya pemeriksaan kesehatan berkala.

 

“Trauma ah, dulu sakitnya minta ampun, hasilnya juga gak bener.”

Dokter TS turut berempati dengan kondisi yang pernah terjadi pada kamu. Kami percaya bahwa aspek profesionalitas akan memberikan hasil yang maksimal juga. Sangat disarankan bagi TSFriends yang mengalami permasalahan gigi, kamu dapat mengunjungi dokter gigi dengan spesialisasi yang tepat.

Oleh sebab itu Tooth Signature selalu mengedepankan diagnosis terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi gigimu. Apabila berdasarkan diagnosis ternyata kasus yang kamu alami melebihi kapasitas pengetahuan dan pengalaman kami, maka kami pun akan memberikan rekomendasi yang tepat.

 

Manfaat Pemeriksaan Gigi

Apakah keraguan di atas juga ada di kamu, TSFriends? Untuk melengkapi respons yang sudah Dokter TS berikan, berikut adalah manfaat pemeriksaan gigi secara berkala yang perlu kamu ketahui:

  1. Mendiagnosis masalah kesehatan mulut
    Pada pemeriksaan gigi, Dokter TS akan mengevaluasi kesehatan mulutmu dan mencari tanda-tanda gigi berlubang, penyakit gusi, infeksi, kanker mulut dan masalah kesehatan gigi lainnya.
  2. Membersihkan gigimu secara profesional
    Pada pemeriksaan gigi berkala, gigi TSFriends akan dibersihkan secara profesional dari plak dan karang gigi, yang tidak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi dan flossing. Jika plak dan karang gigi menumpuk, mereka dapat menyebabkan kerusakan gigi, radang gusi, dan masalah gigi lainnya. Pembersihan gigi juga lebih terjangkau daripada tambalan, mahkota, dan layanan restoratif lainnya. Jadi pastikan untuk melakukan ini secara teratur!
  3. Mendeteksi adanya penyakit lain
    Pemeriksaan gigi dapat juga mendeteksi adanya penyakit lain dalam tubuh atau penyakit-penyakit sistemik seperti Leukimia, DIabetes ataupun HIV. Penyakit-penyakit ini bukan disebabkan karena kondisi gigi namun bermanifestasi di gigi dan mulut. Dengan pemeriksaan rutin gigi dan mulut, dokter gigi dapat mengidentifikasi tanda-tanda awal penyakit, bahkan sebelum kamu menyadari tanda-tandanya!Contohnya:

    • kandidiasis oral yaitu infeksi jamur berupa bercak putih kemerahan pada lidah atau gusi merupakan gejala awal pada pasien HIV/AIDS.
    • Xerostomia yaitu kondisi mulut kering karena kelenjar air liur tidak mampu menghasilkan cukup air liur, dengan kondisi karies gigi yang hampir menyeluruh, infeksi gusi dan periodontal, rasa mulut terbakar yang menjadi gejala dari Diabetes Melitus.
    • Pembengkakan gusi menyeluruh dan membesar, mudah berdarah secara spontan, gusi berwarna pucat, serta adanya ulcer dapat menjadi gejala pada pasien Leukemia. 

    Bila dokter gigi mencurigai adanya penyakit tertentu, kabar baiknya adalah kamu mendapatkan early notice dan dokter gigi kamu akan memberikan rujukan ke dokter umum untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengkonfirmasi kecurigaan di atas.

  4. Mendapatkan pengetahuan tentang menjaga kesehatan mulut yang lebih baik
    Ketika TSFriends memeriksa gigi, Dokter TS akan mengajarkan kamu tentang cara-cara untuk menjaga kesehatan mulut dengan lebih baik. Dokter gigi akan memeriksa kerusakan mulut yang disebabkan oleh kebiasaan buruk, seperti merokok atau vaping, menggertakkan gigi (bruxism), menyikat gigi terlalu keras, dan pola makan.
  5. Menghemat uang dalam jangka waktu yang Panjang
    Dokter TS dapat membantu kamu dalam menemukan dan memperbaiki masalah sebelum memerlukan perawatan gigi yang lebih mahal dan prosedur yang lebih rumit di masa mendatang. 

 

***

Sekarang TSFriends jadi lebih paham manfaat pemeriksaan gigi secara rutin! So, lakukan pemeriksaan gigi 6 bulan sekali dan jika kamu mengalami kondisi sakit gigi, datanglah ke dokter gigi dengan spesialisasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Yuk hubungi kami melalui WA: 0899-4880-433 dan Line toothsignature untuk melakukan berbagai pemeriksaan gigi maupun konsultasi Kesehatan gigimu. Tooth Signature #YourToothExpert

 

Source: t.ly/ykDF


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Lokasi

Cabang Jakarta
jl Bulevard Raya blok RA 27 no. 28, RT.11/RW.15, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Designed and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved