Dok, Mengapa Gigi Saya Berjejal ?

October 4, 2019 by admin0

Dalam dunia kedokteran gigi,kondisi gigi berjejal merupakan salah satu gambaran maloklusi. Maloklusi merupakan kondisi menyimpang dari oklusi atau hubungan yang normal dari suatu gigi terhadap gigi yang lainnya. Gigi berjejal disebabkan karena kurangnya ruang yang diperlukan gigiĀ  untuk tumbuh, sehingga menyebabkan gigi menjadi tumpang tindih atau bertumpuk.

 

 

Faktor-faktor yang menyebabkan gigi berjejal yaitu

  1. Faktor genetik

Ukuran rahang dan ukuran gigi manusia juga dipengaruhi oleh genetik yang diturunkan oleh orang tua kita. Misalnya bila ayah memiliki ukuran rahang dan gigi yang besar sedangkan ibu memiliki ukuran rahang dan gigi kecil. Jika anak terwarisi ukuran rahang yang kecil tetapi ukuran giginya besar, maka ruang yang diperlukan untuk gigi tidaklah cukup sehingga dapat menyebabkan gigi bertumpuk.

 

  1. kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang dibiarkan akan berlanjut bahkan sampai dewasa nanti, contohnya seperti menghisap ibu jari atau menghisap bibir bawah. Menghisap ibu jari atau menghisap bibir bawah dapat menyebabkan tekanan terhadap rahang. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, saat pertumbuhan dan perkembangan rahang mengalami tekanan sehingga mengalami penyempitan lengkung rahang.

 

bahaya hisap jari
bahaya hisap jari

 

  1. Persistensi gigi sulung

Terkadang gigi sulung mengalami persistensi (tetap berada dalam rongga mulut) saat gigi tetap tumbuh. Hal ini menyebabkan gigi tetap tumbuh di depan maupun di belakang gigi sulung tersebut menyebabkan lengkung rahang menjadi tidak rapi.

gigi susu yang perlu dicabut
gigi susu yang perlu dicabut

 

  1. Kehilangan gigi sulung sebelum waktunya

Sering kali orang tua mengabaikan kesehatan gigi sulung, sehingga gigi sulung rusak parah dan menyebabkan kehilangan dini gigi sulung. Jika gigi tetap belum waktunya untuk tumbuh tetapi gigi sulungnya sudah tidak maka akan terjadi ruangan kosong di antara gigi. Dalam waktu yang lama, gigi yang berada di kanan dan kiri ruangan tersebut dapat bergeser menyebabkan ruangan untuk gigi yang akan tumbuh nanti berkurang.

 

Kita semua pasti ingin memiliki gigi yang rapi sehingga saat kita tersenyum menjadi lebih bagus. Namun, tak jarang kebanyakan orang yang kita temui memiliki susunan gigi berjejal. Gigi berjejal tidak hanya membuat senyum menjadi kurang estetik tapi juga dapat menimbulkan masalah gigi dan mulut. Susunan gigi yang bertumpuk membuat sisa makanan yang menempel pada gigi sulit dibersihkan yang mana bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang ataupun terbentuk karang gigi.

Kasus gigi berjejal dapat ditangani dengan perawatan ortodonti atau yang sering disebut kawat gigi /behel oleh masyarakat pada umumnya. Perawatan ortodonti bertujuan untuk merapikan gigi sesuai dengan lengkung rahang serta memperbaiki oklusi dan hubungan rahang yang baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Lokasi

Tooth Signature
Jl. Bulevard Raya RA19 no. 10 Kelapa Gading, Jakarta Utara

Cabang Bekasi
Jl. Bulevard Hijau Blok B1 no 31, Harapan Indah- Bekasi Barat

Designed and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved