Apakah Perawatan Ortodonti / Behel itu?

February 13, 2017 by admin4
rahang-atas-bawah-tidak-sinkron.jpg

Ortodonti adalah suatu ilmu dalam bidang kedokteran gigi yang dalam praktiknya khusus merawat pasien dengan maloklusi. Maloklusi itu sendiri adalah ketidakteraturan posisi gigi geligi baik dalam satu rahang maupun dalam relasi/hubungannya antara kedua rahang atas dan bawah pada saat kedua rahang dikatupkan.

Selain berfokus pada proses merapikan posisi gigi geligi, bidang ortodonti juga meliputi perawatan dan kontrol aspek pertumbuhan wajah ( Dentofacial Orthopedic) dan perkembangan tulang rahang.

Ortodonti berasal dari bahasa Yunani yaitu: “Orthos” yang artinya “lurus, sempurna atau tepat” , sedangkan “dontos” artinya “gigi”. Jadi ortodonti singkatnya adalah ilmu merapikan gigi.

Seseorang dengan keahlian ortodonti disebut juga ortodontis atau dokter gigi spesialis ortodonti. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu ortodontis dan bedanya dengan dokter gigi umum dapat klik disini.

Sebagian besar masyarakat tentunya sudah mengenal braces/ behel/ kawat gigi untuk merapikan gigi, namun dalam perawatan ortodonti nyatanya tidak hanya behel saja, namun terdapat berbagai macam alat yang dapat dipakai oleh pasien untuk memperbaiki susunan gigi geliginya. Untuk mengetahui alat apa saja bisa di klik disini.

Fungsi perawatan Ortodonti itu sendiri tidaklah berkisar hanya pada kosmetika belaka, namun yang terpenting adalah merawat dan mencegah masalah kesehatan yang berkaitan dengan ketidaksejajaran hubungan gigi dan rahang. Penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi perawatan ortodonti dengan lebih lengkap dapat dilihat disini


4 comments

  • eka

    February 19, 2018 at 10:55 am

    halo admin, mau nanya nih ..
    saya kan kebetulan perawatan orthodonti juga nih
    kok sama dentist nya, di gigi taring saya ga dikasi braces yg ber-hook ya ? pengaruh ga sih sebenernya ?
    kondisi gigi saya kebetulan memang tidak rapi ( seperti gigi momo geisha )
    jadi kmrn sempat ada 2 geraham paling dpn dicabut kanan dan kiri, tapi hasilnya geraham saya jadi ada jarak antara atas dan bawah .
    untuk mengunyah pun jadi kurang oke .
    nah utk yg gigi bawah, gigi juga berantakan dan miring” gitu .. tapi kenapa tidak ada gigi yg dicabut ya sama dentist nya ?
    dan bagian taring juga ga dipasang braces ber-hook .
    mohon pejelasannya, terimakasih ..

    Reply

    • admin

      February 19, 2018 at 5:57 pm

      Halo kak,
      Terima kasih sudah berkunjung ke website Tooth Signature Dental.
      Untuk bracket di gigi taring memang tidak selalu ada hook-nya. Fungsi hook ini untuk mengaitkan elastik atau power chain Bila diperlukan. Kalaupun tidak ada hook, Bila diperlukan dokter dapat memasang hook di bagian behel tersebut dengan kobayashi hook, jadi tidak menjadi masalah Bila dari awal behel di gigi taring tidak ada hook-nya.
      Untuk keputusan pencabutan tidak hanya dapat dilihat sekilas dan hanya faktor “berantakan” sebagai penentu, melainkan harus melalui serangkaian analisa mendalam mengenai kasus yang sedang ditangani (pemeriksaan ekstraoral, intraoral, fungsional, sefalometri, dll) jadi mungkin bisa ditanyakan langsung ke dokter gigi bersangkutan mengenai hal tersebut.
      Ada jarak antara gigi pada saat perawatan orthodonti apalagi bila ada gigi yang dicabut merupakan hal yang normal. Namun yang pasti ruangan yg ada akan tertutup rapat di akhir perawatan. Demikian juga dengan proses pengunyahan yang menjadi agak kurang nyaman pada saat Perawatan ortodonti pun merupakan hal yang lumrah terjadi. Hal ini dikarenakan ada pergeseran dan intervensi dari oklusi/ gigitan yang lama yang menyebabkan oklusi menjadi tidak ‘pas’ dalam perjalanan Perawatan. Namun jangan kuatir, setelah Perawatan ortodonti selesai, oklusi/gigitan serta fungsi pengunyahan anda akan menjadi lebih baik daripada sebelum nya.
      Demikian jawaban dari kami, semoga dapat bermanfaat ya
      salam Hangat
      Tooth Signature Dental Clinic

      Reply

  • Leo

    February 22, 2018 at 11:28 am

    Hai Dok
    Selamat malam.
    Terimakasih atas penjelasan lengkap terkait part dari behel. Sendiri.
    Saya sendiri pengguna behel dengan diagnosa open bite. Ini adalah pemakaian yg kedua saya setelahnya 7thn lalu saya pengguna behel dan akhirnya gigi saya kembali open bite dikarenakan saya lupa tidak mengenakan retainer.
    Yg saya keluhkan dipemasangan kedua saya ini bukan di ngilu nya, tetapi akibat dinding mulut saya yg bergesekan dengan hook behel saya saat saya akan menutup mulut saya.
    Yg saya ingin tanyakan
    Apakah ada solusi agar hook ini tidak sakit saat bergesakan dengan dinding mulut bagian dalam saya baik saat berbicara atau menutup mulut saya.
    Mungkin apakah bisa hook yg sedikit runcing ini di beri karet sehinggan tumpul agar tidak sakit jika bergesekan dengan dinding mulut saya.
    Sekian dan terimakasih
    Leo

    Reply

    • admin

      February 22, 2018 at 6:30 pm

      Halo kak Leo,
      Sangat disayangkan sekali anda harus mengulang Perawatan ortodonti kembali. Perlu diingat pemakaian retainer harus rutin sesuai anjuran ortodontis anda ya. Jadi setelah Perawatan ortodonti Kedua ini selesai, jangan lupa untuk rajin memakai retainer-nya supaya kasus serupa tidak terulang.
      Untuk pertanyaan anda mengenai hook yg menusuk, anda bisa menggunakan wax ortho untuk menutupi bagian hook yang tajam. Untuk wax tersebut biasanya tersedia di klinik gigi tempat anda melakukan Perawatan ortodonti.
      Semoga jawaban dari kami dapat membantu ya
      Salam,
      Tooth Signature Dental Clinic

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Lokasi

Tooth Signature
Jl. Bulevard Raya RA19 no. 10 Kelapa Gading, Jakarta Utara

Cabang Bekasi
Jl. Bulevard Hijau Blok B1 no 31, Harapan Indah- Bekasi Barat

Designed and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved