Please wait...

PROSES PELEPASAN BEHEL

June 5, 2018 by admin8
bracket-dilepas-dengan-alat-khusus.png

Setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun pemakaian behel, pastinya senang bila tiba saatnya penjadwalan untuk dilakukan pelepasan behel. Namun anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana prosedurnya? Apakah akan terasa sakit? Berapa lamakah prosesnya?
Melalui artikel ini akan kami coba jelaskan ya

Prosedur Pelepasan Behel :

  1. Melepaskan perlekatan behel dari permukaan gigi
    Pada proses pelepasan behel/ debonding behel ini ortodontis akan mulai melepaskan behel satu persatu dengan suatu tang khusus untuk melepaskan behel. Apakah akan terasa sakit? Secara umum dapat dikatakan bahwa proses ini tidak akan menimbulkan rasa sakit, pasien hanya akan merasakan sedikit penekanan pada gigi pada saat behel sedang dilepaskan.  Pada saat behel/ bracket dilepas, akan sedikit terdengar suara berderak, namun hal ini normal karena ini adalah suara lem/ semen terlepas dari antara gigi dan behel.

    bracket-dilepas-dengan-alat-khusus
    Gambar 1. Bracket dilepas dengan alat khusus
    (sumber: dokumentasi tooth signature dental)

  2. Pembersihan lem atau semen dari permukaan gigi
    Setelah semua behel terlepas, semen/lem yang masih tersisa pada permukaan gigi akan dihilangkan dengan alat khusus (adhesive removal plier) dan kemudian permukaan email gigi akan dipoles dengan bur poles.

    permukaan gigi dipoles
    Gambar 2. Permukaan gigi dipoles dengan bur boles
    (sumber: dokumentasi tooth signature dental)

  3. Pembersihan karang gigi / scaling
    Setelah itu dilakukan prosedur pembersihan karang gigi untuk memastikan tidak ada karang gigi yang menempel pada permukaan gigi.

    proses scaling gigi
    Gambar 3. Proses pembersihan karang gigi pasca pelepasan behel
    (sumber: dokumentasi tooth signature dental)

  4. Pencetakkan gigi untuk pembuatan retainer
    Fase perawatan ortodonti belum selesai sepenuhnya sampai pasien memakai retainer. Supaya hasil perawatan ortodonti tetap terjaga dan tidak terjadi pergerakkan gigi yang tidak diinginkan pasca perawatan ortodonti, pasien perlu memakai retainer. Tentunya anda tidak mau biaya maupun waktu yang sudah anda investasikan untuk merapikan gigi terbuang sia-sia bukan?Retainer adalah suatu alat custom-made (dibuat sesuai dengan gigi pasien secara spesifik) yang dipakai untuk menahan posisi gigi setelah perawatan ortodonti/ behel dilepas.Pemakaian retainer setelah perawatan ortodonti adalah hal yang wajib, namun jangan kuatir anda tidak perlu lagi melakukan kontrol berkala setiap bulannya seperti pada saat masih melakukan perawatan ortodonti/ behel. Beberap jenis retainer dapat dilepas- pasang/ removable dan sangat nyaman dipakai. Mengenai jenis-jenis retainer, cara pemakaian dan perawatannya akan dijelaskan di blog yang lain yaa.

    Setelah proses pelepasan behel selesai, maka pasien akan dilakukan pencetakkan dengan menggunakan sendok cetak dan bahan cetak alginate. Pasien mungkin sudah tidak asing lagi dengan prosedur ini karena di awal perawatan pun pasien pernah dilakukan pencetakkan untuk pembuatan model studi.

    Dari proses pelepasan behel hingga proses pencetakkan gigi rahang atas dan bawah kira-kira memakan waktu sekitar 30-45 menit.

    proses pencetakkan pada rahang bawah
    Gambar 4. Proses pencetakan pada rahang bawah
    (sumber: dokumentasi Tooth signature Dental)

    Hasil cetakan nanti-nya akan dicor dan dibawa ke laboratorium dental untuk proses pembuatan retainer. Setelah retainer selesai dibuat, pasien akan dihubungi kembali untuk dilakukan insersi / pemasangan retainer. Biasanya pembuatan retainer tidak lama, berkisar antara 1-5 hari dari saat pencetakkan dikarenakan pasien harus segera memakai retainer pasca pelepasan behel sebab dikhawatirkan terjadi perubahan posisi gigi yang tidak diinginkan.

    jenis retainer gigi
    Gambar 5. Contoh salah satu jenis retainer, retainer essix
    (sumber: tlortho.com)

    pemakaian retainer essix transparan
    Gambar 6. Contoh pemakaian retainer essix/ transparan
    (sumber: dokumentasi tooth signature dental)

  5. Insersi retainer
    Pada kunjungan selanjutnya pasien datang untuk pengambilan dan pemasangan retainer. Pada kunjungan ini pasien akan diajarkan mengenai cara pemakaian atau pelepasan retainer serta bagaimana cara merawat dan membersihkan retainer.

Cek video berikut ya untuk melihat proses pelepasan behel

Selamat, Anda telah sampai pada fase terakhir perawatan ortodonti dan mendapatkan senyum yang anda idamkan!


8 comments

  • Feni

    January 10, 2018 at 9:57 am

    Kak, mau tanya untuk beda bracket slot 0.22 dengan 0.18 itu apa ya kak? Dan untuk recommed slot pemakaian yg mana ya kak?

    Reply

    • admin

      January 5, 2018 at 9:59 am

      Hai kak,
      Untuk perbedaannya adalah dalam segi biomekanika dan mekanoterapi yang menjadi pertimbangan ortodontis dalam merawat. Agak sulit dijelaskan karena hal tersebut berhubungan dengan ilmu ortodonti yang hanya dimengerti bila sudah memiliki setidaknya ilmu dasar ortodonti.
      Tidak dapat dikatakan yang mana yang lebih bagus karena variasi slot bracket ini bukan berkaitan dengan mutu bracket. Untuk pemilihan slot biasanya ortodontis yang menentukan,disesuaikan dengan kasus pasien.

      Demikian jawaban dari kami, semoga dapat membantu

      Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi hubungi kontak kami

      WA: 0899-4880-433
      Line: toothsignature
      Call: 0896-0194-4252

      Reply

  • regina

    July 10, 2018 at 10:56 am

    Dok, saya sedang perawatan behel, boleh ga sih dok kalau saya pakai obat kumur

    Reply

    • admin

      July 10, 2018 at 3:57 pm

      Halo, terimakasih sudah berkunjung ke website tooth signature dental.

      Penggunaan obat kumur atau mouthwash boleh dilakukan pada pengguna behel. Hal ini karena penggunaan obat kumur dapat membantu meningkatkan oral hygine pasien sehingga mengurangi kemungkinan gigi berlubang ataupun penyakit periodontal.
      Namun perlu diingat penggunaan obat kumur tidak dapat menggantikan prosedur penyikatan gigi dan flossing yang sebenarnya merupakan prosedur yang paling penting dalam menjaga kebersihan mulut terutama dalam pengguna behel/bracket.
      Perlu diperhatikan juga dalam memilih obat kumur adalah menghindari obat kumur yang mengandung alkohol dan frekuensi penggunaannya tidak boleh terlalu sering.

      Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat ya

      Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi hubungi kontak kami

      WA: 0899-4880-433
      Line: toothsignature
      Call: 0896-0194-4252

      Reply

  • Hanny

    July 15, 2018 at 11:01 am

    Dok, saya sdah pasang behel tapi knapa ya di gigi geraham saya tidak di pasang buccal tube

    Reply

    • admin

      July 15, 2018 at 4:03 pm

      Halo,terimakasih sudah berkunjung ke website tooth signature dental.

      Untuk perawatan ortodonti dengan behel bila ada gigi geraham sebaiknya dipasang molar band atau buccal tube. Kecuali ada kondisi2 lain yang tidak memungkinkan untuk dilakukan pemasangan.

      Silakan tanyakan ke dokter gigi anda yang bersangkutan ya, karena beliau pasti yang lebih mengetahui kasus anda.
      Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat ya

      Best regards,

      Reply

  • Gita franciska

    October 2, 2018 at 11:29 am

    Haii dok,sy mau tanya. Sy sudah 1 tahun pasang behel krn 4 gigi atas dan bawah sy maju kedepan tp masih bsa utk memotong makanan saat makan,secara keseluruhan gigi sy rapih dan geraham bungsu jg normal. tp skrg gigi atas dan bawah sy ga bsa nyatu dan utk menyusahkan saat makan. Sy kontrol di 2 doktet yg berbeda, yg 1 menyarankan utk cabut spya ada ruang tp yg 1 tdk perlu cabut. Apakah utk kasus sy bisa gunakan karet elastis.

    Reply

    • admin

      October 2, 2018 at 2:30 pm

      Halo kak Gita,

      Terimakasih sudah berkunjung ke website Tooth Signature Dental.

      Sebelumnya perlu diketahui bahwa kontrol perawatan ortodonti/behel anda HANYA boleh dilakukan oleh dokter yang merawat anda dari awal, karena beliau lah yang mengetahui kasus anda dan sudah mendiagnosis kasus anda berdasarkan pemeriksaan klinis baik ekstraoral maupun intraoral, pemeriksaan radiografis dan fungsional.

      Untuk kasus anda yang mengeluhkan gigi maju sehingga tidak bisa menggigit gigi depan, kemungkinan perlu dilakukan pencabutan, namun tentunya hal ini harus ini harus dikonfirmasi melalui pemeriksaan dan analisa radiografis sefalometri untuk mengetahui apakah memang benar gigi anda maju melebihi nilai normal.

      Silakan menanyakan dan berkonsultasi kembali dengan dokter anda yaa..

      Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat ya

      Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi hubungi kontak kami

      WA: 0899-4880-433
      Line: toothsignature
      Call: 0896-0194-4252

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Created and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved