Please wait...



Pages

FAQs Seputar Behel (Ortodonti)

Ada begitu banyak pertanyaan yang menyebabkan orang ragu memasang behel / kawat gigi. Berikut Klinik Gigi Jakarta Tooth Signature akan berusaha menjawabnya

  • Saya tidak mau terlihat sedang memakai behel. Apakah ada opsi lain?
  • Berapa lama perawatan ortodonti akan berlangsung?
  • Apakah gigi saya perlu dicabut?
  • Apakah saya perlu merubah cara saya menyikat gigi dengan adanya behel pada gigi saya?
  • Apakah memakai behel akan terasa sakit?
Saya tidak mau terlihat sedang memakai behel. Apakah ada opsi lain?

Jika anda tidak mau terlihat sedang memakai behel/ bracket, anda dapat memakai lingual braces (bracket yang dipasang di permukaan gigi bagian dalam). Penggunaan behel ceramic/ Esthetis braces juga dapat diperhitungkan karena warnanya yang menyatu dengan warna gigi sehingga tidak terlalu terlihat. Selain itu pada kasus-kasus yang ringan, dapat juga menggunakan clear aligner trays (Invisilign)

Berapa lama perawatan ortodonti akan berlangsung?

Perawatan ortodonti biasanya berlangsung selama 12 bulan sampai 2 tahun atau lebih. Pada beberapa kasus pada anak-anak, diperlukan waktu cukup lama sampai pasien mencapai pertumbuhan tertentu, jadi ortodontis tidak dapat memberikan perkiraan waktu yang benar-benar akurat. Umumnya, lamanya waktu perawatan ortodonti akan bergantung kepada tingkat keparahan maloklusi (kelainan posisi gigi geligi), tingkat kepatuhan pasien untuk kontrol rutin untuk dilakukan adjustment pada behel-nya, dll

Apakah gigi saya perlu dicabut?

Beberapa kasus pada orang dewasa (pada pasien-pasien yang memiliki gigi-gigi yang berjejal parah, atau ukuran rahang yang kecil dikombinasi dengan ukuran gigi geligi yang besar), kadang kala diperlukan pencabutan gigi untuk mendapatkan ruangan yang cukup pada saat merapikan atau memundurkan gigi geligi. Semua ruangan yang didapatkan dari pencabutan, akan tertutup dengan rapat setelah perawatan ortodonti selesai.

Gigi yang biasanya dicabut adalah gigi premolar 1 atau 2 (geraham kecil pertama atau kedua). Sebagai tambahan, beberapa gigi susu perlu dicabut pada saat perawatan, jika gigi permanen sulit untuk erupsi/ tumbuh keluar karena berdesakan atau bila benih gigi permanen mulai tumbuh kearah yang salah.

Apakah saya perlu merubah cara saya menyikat gigi dengan adanya behel pada gigi saya?

Ya, anda perlu merubah cara anda menyikat gigi. Ketika ada behel pada gigi-geligi anda, akan lebih sulit untuk menjaga gigi anda tetap bersih, bebas dari sisa makanan dan plak. Anda perlu menyikat gigi dengan lebih seksama.

Untuk membersihkan plak dan sisa makanan di bawah kawat gigi, miringkan kepala sikat gigi sehingga membentuk sudut yang tajam dengan permukaan gigi dan lakukan gerakan menyikat. Hal ini tidak akan mencederai behel yang anda pakai.

Bila anda tidak membersihkan plak yang ada, maka permukaan gigi akan mengalami dekalsifikasi (kehilangan unsur kalsium) seiringnya waktu. Proses dekalsifikasi akan menimbulkan white spot, yang merupakan tanda awal akan terjadinya karies/ gigi berlubang.

 White spot akibat cara menyikat gigi yang salah
White Spot Akibat Cara Menyikat Gigi Yang Salah

Apakah memakai behel akan terasa sakit?

Akan terdapat sedikit rasa sakit atau ketidaknyamanan pada beberapa hari sampai seminggu setelah pemasangan behel. Beberapa pasien mengalami ketidak nyamanan pada 4 hari pertama sampai seminggu setelah behel dipasang atau setelah pergantian kawat/ kontrol. Bibir dan pipi pasien mungkin perlu adaptasi 1 sampai 2 minggu untuk dapat terbiasa dengan adanya behel pada gigi geliginya.

Namun perlu diingat bahwa semua behel/bracket, kawat dan alat tambahan lain yang orthodontist pergunakan adalah bersifat muktahir, menggunakan gaya yang ringan, kontinu dan aman, sehingga mengurangi kemungkinan adanya rasa sakit selama perawatan ortodonti. Untuk mengurangi rasa sakit, pasien juga dapat mengkonsumsi obat anti sakit/ pain killer yang biasanya dikonsumsi untuk mengurangi sakit kepala.

http://www.toothsignature.com/wp-content/uploads/2015/12/periksa-gigi.png

Info Lebih Lanjut

STAFF PROFILEBOOK A VISIT

ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Created and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved