Please wait...

Perawatan Ortodonti Dengan Bracket / Behel Self Ligating

January 17, 2018 by admin0
bracket-self-ligating.png

Ilmu ortodonti sekarang ini telah berkembang dengan pesat. Dengan meningkatnya kebutuhan akan perawatan ortodonti yang lebih efektif dan waktu perawatan yang lebih cepat maka penggunaan bracket Self Ligating sekarang ini menjadi lebih diminati. Walaupun bracket Self Ligating itu sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970an, namun baru akhir-akhir ini masyarakat lebih ‘aware’ akan keberadaan bracket Self Ligating. Beberapa di antara jenis bracket Self Ligating yang ada sekarang ini adalah bracket Damon® system, in-Ovation, empower, Smartclip TM , dan masih banyak lagi.

Sebenarnya apakah bracket/behel Self Ligating itu ?

Bracket Self ligating berasal dari kata “ligature” yang berarti “ untuk mengikat” dan self yang berarti “sendiri”. Jadi dapat diartikan sebagai “bracket yang dapat mengikat sendiri”.

Sedikit penjelasan: sebagai perbandingan pada bracket konvensional, o-ring/ karet digunakan untuk mengikatkan kawat (archwire) pada bracket/ behel sehingga gigi bisa perlahan digerakkan ke posisi yang benar.

bracket self ligating
Gambar 1. Sistem pengikatan kawat pada bracket self ligating berupa ‘pintu’ yang dapat dibuka tutup
menggunakan alat khusus, jadi tidak menggunakan karet lagi.

 

Pada bracket self ligating penggunaan o-ring itu sudah tidak diperlukan lagi karena bracket / behel itu sendiri memiliki sistem penguncian berupa “pintu” yang dapat menahan kawat pada posisinya tanpa perlu penggunaan karet o-ring lagi.

Keuntungan penggunaan Bracket Self Ligating :

1. Pergerakkan gigi lebih efisien dan lebih cepat
Bracket self ligating pada penggunaannya tidak memakai karet o-ring sehingga friksi atau gaya gesekan yang muncul akan jauh lebih kecil dibandingkan pada penggunaan bracket konvensional. Gaya gesek atau friksi ini cenderung menghambat pergerakkan gigi, jadi dengan berkurangnya friksi pada bracket self ligating, pergerakkan gigi pun menjadi lebih cepat dibandingkan dengan bracket konvensional

2. Pada beberapa kasus, dapat mengurangi perlunya pencabutan gigi
Pada kasus gigi berjejal, pencabutan gigi kadang diperlukan untuk mendapatkan ruangan agar gigi dapat berada pada posisi yang benar dalam lengkung gigi. Penggunaan self ligating braces dapat mengurangi perlunya pencabutan gigi dikarenakan ruangan secara natural didapatkan dengan melebarkan lengkung gigi

3. Mengurangi jumlah kunjungan/ kontrol berkala ke orthodontist.
Tidak dipungkiri, kita sekarang hidup di era dimana waktu berjalan sangat cepat dan dengan kesibukan kita di pekerjaan, rumah atau sekolah, mungkin interval waktu kontrol 3 minggu sampai 1 bulan sekali dirasakan cukup menyita waktu. Pada beberapa kasus maloklusi, interval waktu kunjungan/ kontrol berkala dapat diperpanjang menjadi 8 minggu sekali sehingga mengurangi jumlah kunjungan ke orthodontis

4. Mengurangi rasa sakit
Pada bracket self ligating, gigi dapat digerakkan dengan force / gaya tarikan yang minimal dikarenakan adanya friksi lebih kecil sehingga mengurangi juga rasa sakit yang ditimbulkan.

5. Oral Hygiene lebih terjaga
Adanya sisa makanan dan plak yang menyelip di antara bracket dan karet o-ring tidak akan terjadi pada pengguna bracket self ligating. Dikarenakan pada bracket self ligating sudah tidak menggunakan karet o-ring. Karena kebersihan lebih terjaga, maka kemungkinan terbentuknya karang gigi ataupun gigi berlubang juga lebih kecil.

6. Mengurangi risiko resorbsi akar
Resorbsi atau kerusakan akar gigi dapat terjadi akibat penarikan gigi dengan force / gaya yang terlalu besar. Dengan bracket self ligating, gigi dapat digerakkan dengan force yang ringan/ kecil sehingga kerusakan akar pun dapat diminimalisir.

7. Estetis
Seperti bracket konvensional, bracket self ligating juga memiliki pilihan dari bahan yang estetis atau clear sehingga pada penggunaannya tidak terlalu terlihat.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui banyaknya keuntungan dari penggunaan bracket self ligating bukan? Jadi, jangan ragu untuk mendapatkan perawatan ortodonti dengan bracket self ligating ini yaa


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Created and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved