Please wait...

Mengapa melakukan perawatan Ortodonti / behel / kawat gigi sebaiknya dengan dokter gigi spesialis ortodonti?

November 20, 2017 by admin14
pasang-kawat-gigi.jpg

Sekarang ini perawatan ortodonti sudah menjadi sangat umum bahkan terkesan ‘dijual bebas’ , seakan-akan siapapun orangnya dapat melakukannya asalkan memiliki alat-alat yang dibutuhkan. Bukan hanya dokter gigi umum, bahkan tukang gigi atau toko behel online pun  menyediakan jasa perawatan ortodonti tersebut. Namun apakah perawatan ortodonti yang dilakukan sudah ideal dari aspek keilmuan seperti diagnosis yang tepat, rencana perawatan yang benar serta tindakan perawatan ortodonti yang dilakukan secara higienis dan baik masih dipertanyakan.

Tujuan perawatan ortodonti/behel tidaklah sesederhana mendapatkan ‘gigi rapi’ saja namun juga mendapatkan hubungan gigi geligi atas terhadap bawah yang harmonis sehingga dapat menunjang fungsi stomatognati seperti berbicara, mengunyah, menelan,dll. Untuk mendapatkan tujuan tersebut perawatan harus dilakukan secara hati-hati dan banyak aspek yang perlu dipertimbangkan seperti keadaan/kesehatan jaringan penyangga gigi, anatomi gigi dan mulut pasien, keadaan tumbuh kembang pasien (apabila pasien masih dalam masa pertumbuhan), posisi rahang dan gigi pasien yang dapat terlihat dari rontgen sefalometri (sehingga diperlukan kemampuan menganalisa foto rontgen beserta mengetahui normal/tidak normalnya posisi gigi dan rahang), etiologi/ penyebab maloklusi pada pasien (sehingga mempengaruhi rencana perawatan yang akan dilakukan), biomekanika pergerakkan gigi, keadaan sendi temporomandibular dari pasien, sifat-sifat dari material/bahan dan alat ortodonti digunakan, dan lain-lain

Sudah banyak contoh kasus perawatan yang gagal atau bahkan bertambah parah yang dilakukan oleh oknum yang tidak berpengalaman dapatlah memberikan gambaran kepada kita bahwa sangatlah penting perawatan orto/ behel dilakukan oleh seseorang dengan keahlian serta pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni dalam bidang ortodonti, yaitu seorang dokter gigi spesialis ortodonti.

Seorang dokter gigi spesialis ortodonti/ ortodontis telah menjalani suatu program pendidikan khusus yang ekstensif, pelatihan-pelatihan khusus dan memiliki pengalaman menghadapi berbagai kasus ortodonti dengan berbagai macam jenis dan berbagai tingkat kesulitannya. Selain telah menyelesaikan program studi spesialisasi ortodonti yang cukup lama, seorang spesialis ortodonti juga diwajibkan mengikuti seminar-seminar dan pelatihan-pelatihan secara regular agar mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi terbaru di bidang ortodonti. Dari penjelasan di atas anda dapat yakin bahwa anda ditangani oleh seseorang yang telah memiliki skill yang dibutuhkan dan juga profesional.

Seorang dokter gigi umum apalagi tukang gigi sayangnya tidak memiliki kompetensi dan pengetahuan yang mencukupi untuk dapat melakukan perawatan ortodonti. Kursus-kursus bidang ortodonti yang mungkin diikuti oleh dokter gigi umum hanya kursus selama 1 atau 2 hari saja. Mungkin dalam prakteknya banyak dokter gigi umum yang menawarkan biaya perawatan yang tampak lebih murah, namun bila ada yang dapat merawat gigi anda dengan lebih profesional, mengapa menghabiskan waktu dan biaya yang anda miliki dengan memasang behel pada seseorang yang kurang berkompeten, dengan risiko hasil perawatan yang tidak acceptable dan terpaksa harus dirawat ulang? Tentunya hal ini akan membuang biaya dan waktu yang lebih banyak.


14 comments

  • fransisca Febriyani

    June 12, 2017 at 10:18 am

    Dear Toothsignature,

    Apakah bisa diemailkan pricelist untuk pasang behel?
    Terimakasih.

    Salam,
    Sisca

    Reply

    • admin

      June 7, 2017 at 6:48 am

      Terima Kasih sudah berkunjung ke website kami
      untuk price list pemasangan behel sudah di email ya 🙂
      Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kontak berikut
      Call: 0896-0194-4252
      WA: 0899-4880-433
      Line: Toothsignature
      Instagram: toothsignaturehttps://www.instagram.com/toothsignature/

      Reply

  • marisa

    December 16, 2017 at 11:37 am

    Hai, mau nanya dong untuk pemasangan behel metal brapa ya, bisa dicicil ga ya dan biaya kontrolnya berapa ya
    makasih

    Reply

    • admin

      December 16, 2017 at 4:05 pm

      Hai Kak Marisa Terima Kasih sudah Berkunjung ke website kami
      untuk price list pemasangan behel sudah di email ya 🙂
      Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kontak berikut
      Call: 0896-0194-4252
      WA: 0899-4880-433
      Line: Toothsignature
      Instagram: toothsignaturehttps://www.instagram.com/toothsignature/

      Reply

  • Febri

    January 3, 2018 at 8:48 am

    anak saya barusan pasang behel di dokter gigi,kalau untuk selanjutnya ke dokter khusus otodonti apakan apakah behel akan di bongkar lagi,apakah tidak bisa dilanjutkan saja tanpa perlu pembongkaran behel?

    Reply

    • admin

      January 3, 2018 at 4:54 pm

      Halo Ibu Febri, terima kasih sudah berkunjung ke website kami
      untuk jawabannya sudah kami email ya semoga membantu

      Reply

  • Elisa

    January 4, 2018 at 9:18 am

    Brucket yg gk ada hooknya apa masih bisa berfungsi merapikan gigi ?

    Reply

    • admin

      January 4, 2018 at 4:19 pm

      Halo, terimakasih sudah berkunjung ke website Tooth Signature Dental.
      Untuk bracket yang tidak ada hook-nya tetap bisa berfungsi untuk merapikan gigi, jadi tidak ada masalah untuk proses merapikan gigi.
      Apabila di kemudian hari diperlukan hook untuk pemakaian elastik, Orthodontist akan memasang hook tambahan berupa ‘kobayashi hook’ yang dipasang di bracket atau ‘crimpable hook’ yang dipasang di kawat.
      Demikian jawaban dari kami, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

      Untuk informasi Selanjutnya dapat menghubungi kontak kami
      Best regards,
      Tooth signature dental

      Reply

  • Yase

    March 7, 2018 at 9:04 am

    HAlo dok , apa saya bisa pasang behel di klinik dokter

    Reply

    • admin

      March 7, 2018 at 4:05 pm

      Halo kak, terimakasih sudah berkunjung ke website kami.

      Tentu saja bisa kak, untuk pemasangan behel harus d lakukan dengan dokter gigi spesialis orthodonti.

      Demikian informasi dari kami, semoga dapat bermanfaat dan bisa melakukan perawatan d klinik kami.

      Untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak berikut :
      Call: 0896-0194-4252
      WA: 0899-4880-433
      Line: Toothsignature
      Instagram: toothsignature https://www.instagram.com/toothsignature/www.toothsignature.com

      Best Regard,
      Tooth Signature Dental

      Reply

  • Mamlu’atul Hasanah

    March 19, 2018 at 9:19 am

    apakah pekerjaan seorang ortodonti dengang dokter gigi umum itu sama???
    lalu apakah boleh seorang dokter gigi memasang behel???

    Reply

  • agnes

    May 26, 2018 at 12:59 pm

    Apakah dokter gigi umum dapat buka praktek membehel juga? Kalau boleh, apa bedanya dengan dokter gigi spesialis ortho? Apa yang membuat dokter gigi dengan gelar spesialis ortho lebih spesial dari dokter gigi umum?

    Reply

    • admin

      May 26, 2018 at 8:00 pm

      halo ka agnes ,ini jawaban untuk pertanyaan di website kami ya .tooth signature dental clinic

      Apakah dokter gigi umum dapat buka praktek membehel juga? Kalau boleh, apa bedanya dengan dokter gigi spesialis ortho? Apa yang membuat dokter gigi dengan gelar spesialis ortho lebih spesial dari dokter gigi umum?

      Walaupun belum ada peraturan resmi dari persatuan dokter gigi indonesia, sebenarnya dokter gigi umum tidak boleh melakukan perawatan ortodonti yang berhubungan dengan behel (tidak semua perawatan merapikan gigi/ortodonti dilakukan dengan menggunakan behel) karena mereka tidak mempunyai kompetensi dan pengetahuan yang memadai mengenai perawatan ortodonti. Keterampilan yang mereka miliki dari course yang diikuti hanya beberapa hari saja. Sedangkan dokter gigi spesialis selama 3-4 tahun terus menerus mempelajari KHUSUS mengenai ilmu ortodonti dan pada saat studinya juga sambil merawat pasien orto. (Bedakan kalau course yang diikuti dokter umum hanya mempelajari melalui model gigi saja)
      Setelah mendapatkan gelar spesialis ortodonti pun orthodontist melalui IKORTI (Ikatan Ortodontis Indonesia) diwajibkan terus menerus memperluas pengetahuan ortodonti nya melalui seminar-seminar KHUSUS ortodotonti yang hanya boleh diikuti oleh ortodontis.
      Mengenai perbedaan ilmunya mungkin bisa diibaratkan sebagai berikut: dokter umum dan dokter spesialis bedah. Dokter umum memang mendapatkan ilmu bedah dasar pada saat studi mengambil gelar dokter,namun tentu pasien tidak akan mau dibedah oleh dokter umum bukan? (yang mungkin selama studinya sama sekali belum pernah melakukan bedah namun hanya mempelajari teori saja)
      Mengenai perbedaan ilmu yang didapatkan antara studi spesialis dan course sangat jauhh berbeda. Studi spesialis ortodonti tidak hanya mempelajari “cara menempel behel” saja, tetapi mempelajari tumbuh kembang oro-maksillofacial, material kedokteran gigi, anatomi, radiologi, mekanoterapi, dan masih banyak lagi sehingga anda mungkin dapat memiliki gambaran bahwa ilmu ortodonti bukan saja hanya “menempel behel pada permukaan gigi saja”

      Hal-hal apa sajakah yang tidak boleh dilakukan dokter gigi umum sedangkan dokter gigi dengan gelar spesialis boleh lakukan?
      Semua perawatan gigi yang sesuai kompetensi kedokteran giginya bisa dilakukan. Misalkan penambalan, pencabutan,pembersihan karang gigi, pembuatan gigi tiruan, perawatan saluran akar, namun tidak terbatas pada hal2 tersebut di atas. Setiap dokter gigi memiliki standard etik yang harus ditaati yaitu bila dokter merasa TIDAK mampu untuk merawat (sesepele apapun terlihat kasusnya), dokter wajib me-refer ke dokter sejawat yang lebih berkompeten.

      Apa alasan kita harus ambil S2 spesialis ortho?
      Tidak ada kewajiban untuk seorang dokter gigi mengambil program spesialis apapun. Dokter gigi umum pun tetap dapat merawat pasien sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Created and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved