Masalah Yang Dapat Ditimbulkan Oleh Gigi Bungsu Yang Mengalami Impaksi

February 13, 2017 by admin4
impaksi-gigi-bungsu.jpg

Tidak semua gigi bungsu perlu dicabut, namun apabila posisi gigi bungsu anda cenderung miring dan tumbuh tidak sempurna dan sering menimbulkan keluhan. Ada baiknya gigi tersebut dicabut karena akan menimbulkan masalah-masalah lebih berat di kemudian hari. Apa saja kemungkinan masalah yang dapat terjadi?

  1. Operkulitis/ infeksi gusi disekitar gigi bungsu yang masih menutupi mahkota gigi.

Pada gigi bungsu yang pertumbuhannya tidak seluruhnya menembus gusi, akan dijumpai jaringan gusiĀ  yang masih menutupi mahkota gigi atau disebut juga operkulum. Sisa makanan dan bakteri seringkali terakumulasi di bawah gusi tersebut dan sulit dibersihkan, sehingga menyebabkan infeksi (operkulitis). Operkulitis juga dapat terjadi karena tergigitnya operkulum saat sedang mengunyah.

  1. Karies gigi

Karena posisi gigi bungsu yang berada jauh di belakang, penyikatan gigi dan penggunaan benang gigi menjadi sulit sehingga risiko terjadinya karies/ gigi berlubang menjadi lebih besar

  1. Kerusakan gigi yang bersebelahan dengan gigi bungsu

Proses pertumbuhan gigi bungsu terutama yang arah pertumbuhannya ke arah gigi tetangganya ( gigi molar2) dapat merusak akar dari gigi tetangga/ resorbsi akar. Bila dibiarkan dan menjadi sangat parah, baik gigi bungsu maupun gigi molar 2 yang telah rusak harus dicabut keduanya.

  1. Tumor atau Kista

Walaupun cukup jarang terjadi, tumor dan kista dapat berkembang di jaringan yang mengelilingi gigi bungsu yang mengalami impaksi. Bila diputuskan bahwa gigi bungsu yang impaksi tidak dicabut, dokter gigi biasanya merekomendasikan pasien untuk difoto rontgen secara berkala untuk mengevaluasi area sekitar gigi bungsu apakah mulai terbentuk jaringan tumor atau kista sehingga dapat segera dirawat.

  1. Gigi berjejal

Adanya dorongan dari pertumbuhan gigi bungsu dapat menyebabkan terdesaknya gigi-gigi lain di depannya, terutama gigi depan sehingga menjadi berjejal/ crowding. Kadang dapat pula menyebabkan perubahan posisi gigi ke arah yang lebih buruk setelah perawatan ortodonti/ behel selesai dilakukan.

Mengingat banyaknya masalah yang dapat ditimbulkan, segeralah konsultasikan kondisi gigi bungsu anda pada dokter gigi spesialis bedah mulut di klinik kami.


4 comments

  • Nadya

    April 11, 2018 at 9:41 am

    selamat malam dok, saya pengguna behel, dan saat ini gigi saya sudah terbilang rapih dan behel boleh dilepas tetapi gigi graham saya yg disebelah kiri tidur. apakah bisa gigi graham saya bangun dengan menggunakan karet ini? karena kalau menunggu giginya bangun dengan sendirinya dokter saya bilang memakan waktu 4-5 bulan lagi. dan apakah bisa saya menggunakan ini tanpa petunjuk dokter gigi saya? karna sepertinya dokter gigi saya sepertinya masih jadul jd dia tidak pernah mengenalkan karet ini kepada saya.

    Reply

    • admin

      April 11, 2018 at 9:42 am

      Halo kak Astrid Nadya Putri
      Penggunaan alat ini bisa digunakan untuk membantu menarik gigi yang posisinya di bawah bidang oklusi/ gigitan, namun tetap harus dengan instruksi dan pengawasan dokter gigi spesialis ortodonti yang menangani anda karena gigi yang posisinya ‘tidur’ bila ingin dibawa ke bidang oklusi yang benar juga harus memperhatikan tidak hanya dalam arah vertikal (atas-bawah) saja tapi juga dalam arah sagital dan transversal ,yang mana semuanya itu memerlukan kontrol dan penentuan mekanoterapi yang tepat dari Ortodontis sebagai orang yang merawat anda.
      Selain itu dari aspek kesehatan jaringan penyangga gigi tersebut pun harus diperhatikan,misalkan seberapa besar gaya tarikan yang dapat diaplikasikan tanpa merusak jaringan penyangga gigi.
      Ada baiknya anda mendiskusikan kembali ke dokter yang merawat anda tersebut ya karena untuk menegakkan gigi tersebut sebenarnya ada berbagai macam cara dan mekanoterapi yang tepat yang dapat disesuaikan dengan kasus anda (tidak hanya dengan penggunaan karet elastik)
      Demikian jawaban dari kami,semoga dapat membantu.

      Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi hubungi kontak kami

      WA: 0899-4880-433
      Line: toothsignature
      Call: 0896-0194-4252

      Reply

  • anita

    April 2, 2019 at 11:01 am

    Dok, mau nanya, apakah bracket pada geraham paling belakang memang tidak ada karet o-ring nya?
    Pertanyaan selanjutnya, apakah proses pencabutab gigi memang dilakukan setelah beberapa bulan behel terpasang? Mengapa tidak dari awal sebelum behel dipasang?

    Reply

    • admin

      April 2, 2019 at 11:02 am

      Halo kak Anita, terimakasih sudah berkunjung ke website Tooth Signature Dental

      1. Bracket paling belakang ( buccal tube) memang biasanya tidak dipasang karet kecuali pada saat penarikan gigi

      2. Pencabutan gigi bisa dilakukan sebelum pemasangan behel atau beberapa saat/ bulan setelah pemasangan behel. Tentu nya keputusan kapan dilakukan pencabutan disesuaikan dengan kasus yang ada dan beberapa pertimbangan yang berhubungan dengan kasus tersebut

      Demikian jawaban dari kami semoga bermanfaat
      Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi hubungi kontak kami

      WA: 0899-4880-433
      Line: toothsignature
      Call: 0896-0194-4252

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Created and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved