Please wait...

LANGKAH-LANGKAH SEBELUM PEMASANGAN BEHEL

February 17, 2018 by admin2
prosedur-pencetakkan-gigi.jpg

Bila anda saat ini sedang mempertimbangkan untuk melakukan perawatan ortodonti untuk merapikan gigi, mungkin anda masih belum paham apa kira-kira yang harus dilakukan atau bagaimana prosedurnya sampai perangkat behel/ kawat gigi dapat dipasang di gigi anda.

Berikut kami coba berikan penjelasan mengenai prosedur sebelum perawatan ortodonti dapat dimulai. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya.

  1. Konsultasi

Dokter gigi spesialis ortodonti/ orthodontist yang akan menangani kasus anda akan membantu dalam konsultasi dan pemeriksaan awal. Anda dapat memberitahu keluhan utama mengapa anda ingin merapikan gigi, dan juga keluhan-keluhan lain yang ada menyangkut gigi dan mulut anda. Bila anda memiliki pertanyaan seputar perawatan ortodonti dan biaya-biaya yang perlu dikeluarkan, jangan ragu untuk menanyakannya, karena inilah kesempatan terbaik untuk menanyakannya.

konsultasi dan pemeriksaan gigi
konsultasi dan pemeriksaan awal

 

  1. Pemeriksaan awal

Setelah berkonsultasi, dokter akan melakukan pemeriksaan awal yang terdiri dari pemeriksaan ektraoral ( pemeriksaan sekitar mulut dan wajah), pemeriksaan intraoral (pemeriksaan dalam mulut) dan pemeriksaan fungsional seperti fungsi buka-mulut pasien (apakah ada keterbatasan dalam pergerakan sendi temporomandibular), pola penelanan, pengunyahan dan pengucapan.

 

  1. Pencetakkan gigi geligi, foto intraoral dan ektraoral/wajah

Setelah dilakukan pemeriksaan, maka gigi anda akan dicetak dengan bahan cetak khusus yaitu alginate yang ditempatkan pada tray/ sendok cetak. Sendok cetak akan ditempatkan di mulut dan didiamkan selama kurang lebih satu menit sampai alginat mengeras kemudian dikeluarkan dari dalam mulut. Hasil cetakan kemudian dicor dengan gips sehingga kemudian didapatkan model studi sebagai sarana dokter menganalisa dan membuat rencana perawatan ortodonti. Model studi ini juga berguna untuk mengetahui perkembangan perawatan ortodonti yang sedang berjalan nantinya.

prosedur pencetakkan gigi
prosedur pencetakkan gigi

 

model-pencetakkan-gigi-pasien-tooth-signature-1
model-pencetakkan-gigi-pasien-tooth-signature-2

Model studi pasien yang didapatkan dari pencetakkan gigi (sumber: dokumentasi Tooth Signature Dental)

 

Setelah itu akan dilakukan foto ekstraoral dan intraoral pada pasien dari berbagai sisi. Hasil dari pencetakan dan foto tersebut berfungsi sebagai medical record dan sarana perbandingan sebelum dan setelah perawatan ortodonti dilakukan.

foto intraoral
foto intraoral (sumber: dokumentasi Tooth Signature Dental)

 

foto ekstraoral tooth signature kelapa gading
Foto ekstraoral (sumber: dokumentasi Tooth Signature Dental)

 

  1. Foto rontgen

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pencetakkan, maka pasien akan dilakukan foto rontgen panoramik dan sefalometri.

contoh foto panoramik gigi
contoh foto panoramik gigi (sumber: dokumentasi Tooth Signature Dental)

Foto panoramik penting untuk dapat memberikan informasi secara menyeluruh mengenai keadaan tulang rahang, akar gigi, sendi rahang, dan mengevaluasi ada tidaknya gigi yang hilang, impaksi atau gigi berlebih / supernumerary teeth yang tidak dapat terlihat hanya dengan pemeriksaan klinis/ pemeriksaan intraoral

contoh foto sefalometri dokumentasi Tooth Signature Dental Klinik gigi kelapa gading
contoh foto sefalometri (sumber: dokumentasi Tooth Signature Dental)

Foto sefalometri memberikan informasi mengenai posisi rahang dan gigi depan, selain itu juga untuk dapat memonitor pertumbuhan pada pasien dalam usia pertumbuhan. Foto sefalometri ini akan dianalisa lebih lanjut sebagai pertimbangan yang sangat penting dalam penentuan rencana perawatan. Foto ini akan dianalisa melalui suatu program komputer khusus.

analisa foto rontgen sefalometri (sumber: dokumentasi Tooth Signature klinik gigi kelapa gading)
analisa foto rontgen sefalometri (sumber: dokumentasi Tooth Signature Dental)

Gambar 8. analisa foto rontgen sefalometri (sumber: dokumentasi Tooth Signature Dental)

 

Setelah langkah-langkah tersebut di atas dilakukan maka pada pertemuan selanjutnya ortodontis akan memberikan penjelasan singkat mengenai hasil analisa yang telah dilakukan serta rencana perawatan yang akan dilakukan, dan selanjutnya behel sudah dapat dipasang.

 

Melalui penjelasan di atas, semoga anda mendapatkan gambaran dan informasi yang bermanfaat mengenai perawatan ortodonti yaa. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kontak kami


2 comments

  • Egi Ginting

    April 11, 2018 at 6:42 am

    Selamat siang dok, bagaimana jika prosedur 3 dan 4 tidak dilakukan. Apakah akan ada bahayanya? Soalnya saya pasang behel tidak pada dokter gigi yg bergelar ortodontis.

    Reply

    • admin

      April 11, 2018 at 9:11 am

      halo selamat siang ka egi . terimakasih sudah berkunjung di website kami 🙂
      untuk pertanyaan mengenai prosedur pemasangan behel 3 dan 4 yaitu :
      prosedur 3 yaitu cetak sebelum psang behel untuk mengetahui sebelum dan sesudah perawatannya., kalau prosedur 4 yaitu dengan rongten untuk mengetahui kondisi giginya .
      jadi sebaiknya kedua prosedur tersebut dilakukan sebelum pemasangan behel .

      Terimaksih 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Created and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved