Please wait...

Apa itu Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi / Endodontis

February 26, 2018 by admin4
spesialis-konservasi-gigi.jpg

Pengertian konservasi gigi ialah usaha untuk merawat & mempertahankan gigi sebisa mungkin supaya kembali normal, baik dari sisi fungsi maupun bentuknya. Prakteknya seperti perawatan dan pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi berlubang, perawatan saraf gigi yang mati, dan lain sebagainya. Yang dapat menangani masalah gigi ini tidak sembarang dokter gigi, ada spesialisasi khusus yang harus ditekuni. Dokter spesialis konservasi gigi atau biasa disebut Endodontis adalah mereka yang telah belajar secara khusus mengenai metode konservasi gigi ini.

Jadi, dokter gigi spesialis konservasi atau endodontist adalah dokter gigi yang spesialisasinya merawat atau menyelamatkan gigi yang sudah rusak untuk dapat dipertahankan selama mungkin di dalam rongga mulut dan untuk dapat berfungsi kembali dengan baik.

Asal kata “endodontik” berasal dari bahasa yunani “endo” yang berarti bagian dalam dan “odont” yang berarti gigi. Jadi seorang Endodontis dalam bidang spesialisasi giginya banyak berhubungan dengan perawatan bagian dalam gigi yaitu perawatan pulpa/ jaringan lunak di dalam gigi atau lebih dikenal dengan perawatan saluran akar / root canal treatment.

Seseorang disebut sebagai dokter gigi spesialis konservasi gigi ketika telah menyelesaikan program pendidikan dan profesi sebagai dokter gigi umum selama lebih kurang 5-6 tahun dan kemudian melanjutkan program spesialis konservasi gigi selama 2-3 tahun.

 

Kapan Harus Memilih Perawatan Dengan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi / Endodontis?

Kadang pada beberapa kasus gigi yang sakit, sulit dilakukan diagnosa dan perawatan yang akurat. Pada saat inilah anda sebaiknya memilih melakukan perawatan ke endodontist. seorang endodontis mampu melakukan perawatan saluran akar secara lebih ahli, membuat perawatan gigi senyaman mungkin dan mampu memprediksi masalah-masalah tak terduga yang mungkin timbul selama perawatan gigi.

Keuntungan melakukan perawatan gigi yang rusak ke endodontis:

  • Keterampilan klinis dan keahlian yang lebih terasah
  • Peralatan yang lebih memadai
  • Kemampuan mendiagnosa lebih akurat
  • Tingkat keberhasilan perawatan lebih tinggi

Hubungi Endodontist di Klinik Gigi Kelapa Gading Tooth Signature

Biaya konservasi gigi ini berbeda-beda, tergantung tingkat keparahan kasus yang ditangani. Setiap kasus memerlukan penanganan yang berbeda, sehingga besarnya biaya konservasi gigi yang diperlukan tentunya berbeda-beda. Silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis konservasi gigi untuk menentukan langkah apa yang harus diambil beserta biayanya.

Buat janji temu dengan dokter spesialis kami sekarang dari Tooth Signature disini

Call: 0896-0194-4252
WA : 0899-4880-433
Line: toothsignature


4 comments

  • dewi

    March 13, 2018 at 9:12 am

    Halo Dok,
    mau tanya kondisi rahang bawah saya lebih maju daripada rahang bawah dan antar gigi ada celah ( 1 gigi geraham kanan dan kiri ada yg sudah lama dicabut). Apakah kondisi seperti harus pasang mini screw atau bisa tanpa pasang mini screw?
    Terima kasih sebelumnya

    Reply

    • admin

      March 15, 2018 at 4:13 pm

      Siang kak Dewi,
      Untuk kasus rahang bawah maju, apabila disertai gigi depan bawah yg juga lebih maju daripada gigi depan atas maka perlu dimundurkan.
      Seberapa banyak perlu dimundurkan banyak pertimbangannya : profil wajah, jarak gigit horizontal (overjet) antara gigi depan atas terhadap bawah, ketebalan tulang alveolar yang memegang gigi, dll.
      Perlu atau tidaknya mini screw ini ditentukan dari seberapa banyak gigi depan bawah perlu dimundurkan dan seberapa banyak ruangan yang saat ini ada. Bila ruangan yang ada benar-benar harus dipakai hanya untuk memundurkan gigi depan bawah (tanpa memungkinkan gigi belakang ikut maju) maka diperlukan penjangkaran maksimum /kuat sehingga diperlukan pemasangan mini screw.
      Jadi untuk kasus Kak Dewi, ada baiknya kak Dewi langsung melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis ortodonti agar dapat dilakukan analisa lebih lanjut kak.
      Semoga informasi dari kami dapat membantu ya.
      Untuk informasi lebih lanjut dan appointment dengan dokter gigi spesialis ortodonti kami, silakan hubungi kontak berikut:
      WA: 0899-4880-433
      Line: toothsignature
      Call: 089-601-944252
      Regards,
      Tooth signature dental

      Reply

  • erlie

    December 10, 2018 at 12:09 pm

    Min boleh tau gak perbandingan harga di dokter gigi umum dan dokter gigi spesialis

    Reply

    • admin

      December 10, 2018 at 12:09 pm

      Halo kak, untuk informasi biaya bisa hubungi kontak kami ya

      WA: 0899-4880-433
      Line: toothsignature
      Call: 0896-0194-4252

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ToothSignature Klinik Gigi Kelapa Gading Jakarta

Tooth Signature adalah Klinik Gigi Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menyediakan layanan Spesialis Ortodonti dari Dokter Gigi - Dokter Gigi berpengalaman, lulusan terbaik dari berbagai Universitas Ternama di Indonesia.

Cari Spesialis Ortodonti Jakarta ?
Tooth Signature tempatnya

Created and optimized by SimpleBetter 2017. All Right Reserved